Sabtu, 03 Januari 2009

Prakata

Pertama kali buletin terbit di Gereja HKBP Semper adalah Buletin “NAHASEM” yaitu pada tahun 1998. Kehadiran Buletin “NAHASEM” adalah buah karya, pemikiran dan program kepengurusan Naposobulung HKBP Semper tahun 1998-2000, dibawah koordinasi Sdr. Maurice Nainggolan selaku Ketua NHKBP Semper saat itu dan Sdr. Jerry Sitompul selaku Ketua Sie Humas, Publikasi dan Dokumentasi. Pada waktu itu, penerbitan buletin dilakukan selama 3 (tiga) bulan sekali dan langsung dikerjakan oleh Pengurus sendiri. Terlepas kelebihan dan kekurangan yang melekat pada saat itu, Buletin “NAHASEM” yang merupakan akronim dari NAPOSOBULUNG HKBP SEMPER” adalah salah satu bentuk terobosan baru bagi pelayanan muda-mudi di HKBP yang patut diteladani dan didukung oleh segenap warga gereja, demi pengembangan pelayanan yang bermutu. Terima kasih buat semua pihak yang telah merintis pelayanan literatur, in casu Buletin “NAHASEM”, di HKBP Semper.
Pada Bulan Februari 2004, Kepengurusan NHKBP Semper, seperti biasa menetapkan program penerbitan buletin, sebagaimana kepengurusan sebelumnya. Berbeda dengan kepengurusan sebelumnya, personil yang ditunjuk untuk mengelola buletin bukanlah orang secara otomatis karena menjabat sebagai Sie Informasi dan Komunikasi (seksi yang bertugas hampir sama dengan Sie Humas, Publikasi dan Dokumentasi), melainkan dicari dan dipilih orang-orang yang memiliki kerinduan dan bakat untuk mengelola buletin diluar dari personil Sie Informasi dan Komunikasi, bisa berasal dari kepengurusan atau mereka yang diluar kepengurusan. Akhirnya terbentuklah suatu team buletin yang memiliki otonomi yang independen, langsung dibawah garis kordinasi Ketua NHKBP Semper. Diharapkan tim buletin yang terbentuk dapat bekerja lebih giat, tanggungjawab dan profesional.
Pada rapat pertama, untuk menyesuaikan pemberlakukan Aturan Dan Peraturan HKBP 2002 di HKBP Semper yang memisahkan secara khusus kategori ‘remaja’ dalam kategori ‘naposobulung’, maka diusulkan agar Buletin “NAHASEM” diperbaharui namanya menjadi “NARHASEM”, yang merupakan akronim dari NAPOSOBULUNG DAN REMAJA HKBP SEMPER”. Setelah suara bulat dedlock, akhirnya pembaharauan nama itu disetujui melalui mayoritas voting yang diambil oleh sebagian pengurus dan anggota buletin. Setelah segala sesuatu yang berkaitan dengan nama buletin dan sebagainya beres, Tim Buletin “NARHASEM” yang dikoordinasikan oleh Sdr. Benny Manurung bekerja untuk menghasilkan suatu buletin yang bermutu, aktual dan kreatif. Buletin “NARHASEM” pertama kali terbit pada tanggal 4 April 2004 dengan tema “Pengorbanan Kristus” dan setiap regularnya Buletin “NARHASEM” terbit tepat waktu pada minggu pertama di setiap bulannya.
Yang menjadi maksud perlunya pelayanan buletin ini, sebagaimana yang selalu dinyatakan dalam penerbitannya, adalah buletin ini dapat menjadi media komunikasi, informasi dan edukasi bagi segenap muda-mudi, khususnya di HKBP Semper.
- Sebagai media komunikasi diharapkan penerbitan buletin dapat menjadi wadah saling temu, saling kenal, saling sapa antar sesama muda-mudi HKBP Semper, baik yang aktif maupun tidak bahkan mantan aktivis naposobulung dan remaja yang sudah terdaftar di luar HKBP Semper.
- Sebagai media informasi diharapkan penerbitan buletin menjadi tempat bagi muda-mudi untuk mengetahui pelayanan gereja khususnya pelayanan pemuda dan remaja di HKBP Semper.
- Sebagai media edukasi diharapkan penerbitan buletin menjadi salah satu sarana pembelajaran bagi muda-mudi HKBP Semper dalam menjadi seluruh aspek kehidupannya dalam imannya dalam Yesus Kristus.
Namun seiring berkembangnya pelayanan buletin narhasem –dalam prakteknya-, tujuan dan wadah penerbitan buletin narhasem tidak hanya untuk sesama muda-mudi HKBP Semper, namun meluas kepada seluruh jemaat dan parhalado HKBP Semper, meluas lagi ke gereja-gereja non-HKBP Semper yang menerima bulatin narhasem, lebih meluas lagi pada tanggal 2 Januari 2009 hadir di dunia maya untuk anda pemirsa dunia maya dimanapun anda berada, selamat menikmati sajian buletin narhasem, Tuhan Memberkati kita, HORAS.

Tidak ada komentar: